MAKALAH PENELITIAN SOSIOLOGI
PENGARUH INTERNET TERHADAP KEHIDUPAN REMAJA
D
I
S
U
S
U
N
OLEH :
NAMA :
ANISA DALIMUNTHE
MULIANA NURIYAMA
KELAS :
XII IPS
GURU :
MASYITAH, S.Pd.I

MAS TP. RADATHUL AKMAL BATANG KUIS

KATA
PENGANTAR
Assalamualaikum.wr.wb.
Segala puji bagi Tuhan yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan karya tulis ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolonganya mungkin kami tidak akan sanggup menyelesaikan tepat pada waktunyaa. Karya tulis ini disusun agar pembaca dapat mengetahui seberapa besar pengaruh internet terhadap kehidupan remaja dari pengamatan dari berbagai sumber. Karya tulis ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri kami maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan pertolongan dari Tuhan akhirnya karya tulis ini dapat terselesaikan.
Segala puji bagi Tuhan yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan karya tulis ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolonganya mungkin kami tidak akan sanggup menyelesaikan tepat pada waktunyaa. Karya tulis ini disusun agar pembaca dapat mengetahui seberapa besar pengaruh internet terhadap kehidupan remaja dari pengamatan dari berbagai sumber. Karya tulis ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri kami maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan pertolongan dari Tuhan akhirnya karya tulis ini dapat terselesaikan.
Karya tulis ini memuat
tentang, pengaruh internet terhadap kehidupan remaja dan sengaja dipilih karena
menarik perhatian kami untuk dicermati dan perlu mendapat dukungan dari semua
pihak yang peduli terhadap dunia pendidikan. Kami juga mengucapkan terima kasih
kepada guru pembimbing yang telah banyak membantu tulis kami agar dapat menyelesaikan karya ini.
Semoga karya tulis ini
dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun karya tulis
ini masih terdapat beberapa kekurangan. Kami menyadari bahwa karya tulis ini
kurang sempurna. Oleh karena itu, Kritik
yang membangundari pembaca sangat kami harapkan. Terima kasih.
Wassalamualaikum .Wr.Wb
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR ........................................................................................................... i
DAFTAR ISI ......................................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN ..................................................................................................... 1
1.1. Latar
Belakang .................................................................................................... 1
1.2. Rumusan Masalah ................................................................................................. 1
1.3. Tujuan Penulisan ................................................................................................... 1
1.4. Metode Penulisan ................................................................................................. 1
1.5. Sistematika Penulisan ........................................................................................... 1
BAB II
PEMBAHASAN ..................................................................................................... 2
2.1. Pengertian Internet ............................................................................................... 2
2.2. Sejarah dan
Perkembangan Internet ..................................................................... 2
2.3. Alasan Menggunakan
Internet ............................................................................. 3
2.3.1. Informasi ........................................................................................................... 3
2.3.2. Jejaring Sosial .................................................................................................... 3
2.3.3. Komunikasi ........................................................................................................ 3
2.3.4. Transfer File........................................................................................................ 3
2.3.5. Update Berita .................................................................................................... 3
2.3.6. Hiburan .............................................................................................................. 3
2.3.7. Internet Transaksi .............................................................................................. 4
2.3.8. Menghasilkan Uang ........................................................................................... 4
2.3.9. Pemasaran .......................................................................................................... 4
2.3.10. Pendidikan Online ........................................................................................... 4
2.4. Manfaat Internet ................................................................................................... 4
2.4.1.Manfaat Umum .................................................................................................. 4
2.4.2. Manfaat Internet bagi
Pendidikan ..................................................................... 4
2.5. Pengaruh Internet bagi
Remaja ............................................................................ 5
2.6. Dampak Positif
Penggunaan Internet ................................................................... 6
2.7. Dampak Negatif
Penggunaan Internet ................................................................. 6
2.8. Upaya Pencegahan Dampak
Negatif Internet Terhadap Remaja.......................... 7
2.8.1. Dari Sisi Pemerintah
dan Masyarakat ................................................................ 7
2.8.2. Dari Pemilik Situs,
Network Administator dan Pengguna ................................ 7
2.8.3. Dari Sisi Pengguna
Secara Umum ..................................................................... 7
2.8.4. Dari Sisi Orangtua ............................................................................................. 8
2.9. Contoh-contoh
Penggunaan Internet Dalam Kehidupan Sehari-hari.................... 8
BAB III PENUTUP .............................................................................................................. 9
3.1. Kesimpulan ........................................................................................................... 9
3.2. Saran ..................................................................................................................... 9
DAFTAR PUSTAKA.......................................................................................................... 10
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah
Seiring
dengan perkembangan zaman, maka kemajuan informasi dan teknologi sangat di
perlukan, kemudahan dalam mengakses informasi begitu penting, sehingga
peningkatan jumlah pemakai internet setiap tahun selalu meningkat di seluruh
dunia. Sekarang banyak sekali layanan - layanan akses internit yang kita pilih
sesuai sesuai dengan kebutuhan kita salah satunya layanan akses internet dari
PT. TELKOM. Seperti, telkomnet instan dan telkom speedy. Telkomnet instan merupakan
layanan Akses dial –up dengan kecepatan berkisar antara 40 kbps -56 kbps
sedangkan telkom speedy merupakan akses ADSL dengan kecepatan up.
Ada
lagi layanan internet yang menggunakan wireless lan yang merupakan Akses
internet tanpa kabel, atau menggunakan handpone, PDA, laptop dan yang lain.
Selain itu sinyal hotspot yang sering di sebarkan di tempat-tempat seperti :
mail, Café, kampus, atau berbagai tempat lainnya bisa di gunakan untuk
mengakses – Internet, kita hanya perlu membawa peralatan mobile kita di tempat
tersebut dan ber- Internetan di sana. Di era sekarang setiap masyaraakat
tentunya telah dipermudah untuk mengakses Internet, begitu pula remaja, pada
umumnya remaja cenderung menginginkan sesuatu yang serba instan dan cepat
sehingga terkadang kurang memikirkan aspek dampak. Maka dari itu, kami menyusun
karya tulis ini agar para pembaca dapat lebih memahami Pengaruh Internet
Terhadap Kehidupan Remaja.
1.2. Rumusan Masalah
Sesuai
dengan latar belakang masalah yang telah dijelaskan di halaman sebelumnya. Maka
dalam karya tulis ini kami menyimpulkan rumusan masalah sehubungan dengan karya
tulis ini adalah sebagai berikut :
A. Bagaimana proses pengenalan Internet pada remaja ?
B. Bagaimana pengaruh perkembangan Internet terhadap kehidupan remaja ?
1.3. Tujuan Penulisan
Karya tulis ini
bertujuan untuk menambah wawasan tentang : Pengaruh internet terhadap kehidupan
remaja. Serta meminimalisir dampak negatif internet terhadap kehidupan remaja.
Selain itu,
1.4. Metode Penulisan
Penulisan
Dampak Internet Terhadap Kehidupan Remaja ini disusun berdasarkan fakta fatkta yang sesuai dengan topik penulisan.
Tulisan ini juga menggunakan metode sederhana sesuai
dengan batas kemampuan diri kami masing masing serta menampilkan beberapa data
deskriptif berupa kata-kata yang bersifat rasional. Prosedur pemecahan masalah
dilakukan berdasarkan pada permasalahan yang terdapat di dalam masyarakat serta lingkungan pergaulan kami sendiri. Permasalahan yang menjadi dasar
dalam penulisan karya ilmiah ini timbul setelah diketahui bahwa kebanyakan remaja di kota-kota besar sudah kecanduan
bahkan terbiasa dengan adanya internet yang merupakan salah satu bagian hal
penting dalam era globalisasi ini.
Usaha pemecahan masalah dilakukan dengan cara
mempelajari masalah masalah dan teori serta
memperbanyak pengetahuan yang berhubungan dengan pokok permasalahan. Melalui
telaah pustaka kemudian setelah itu dijabarkan dalam bentuk karya tulis ilmiah
yang merupakan pemikiran kritis kami
berdasarkan pandangan terhadap situasi
dan kondisi yang berkembang saat ini sehingga diperoleh kesimpulan tentang
pemecahan masalah yang terjadi secara keseluruhan yang pada akhirnya diharapkan
dapat memberikan kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1.
Pengertian Internet
Internet dapat diartikan
sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan
pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di
dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga
yang dinamis dan interaktif.
2.2. Sejarah & Perkembangan Internet
Sejarah Internet di mulai pada 1969 ketika departemen
kesehatan Amerika, U.S. Devence Advanced Research Projects Agency (DARPA)
memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan
sejumlah koputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini di kenal dengan nama ARPANET.
Pada
tahun 1970, sudah lebih dari 10 kompyter yang berhasil dihubungkan satu sama
lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.
Tahun
1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang dia ciptakan
setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga
langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, Icon @ juga di perkenalkan
sebagai lambang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”.
Tahun
1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat.
Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di
luar Amerika Serikat yang menjadi anggota jaringan ARPANET. Pada tahun yang
sama, dua orang ahli komputer yakni Viton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan
sebuah gagsan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran Internet.
Ide ini di presentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
Hari
bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 MARET 1976, ketika Ratu Inggris
berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signal and Radi Establishment di Malven.
Setahun kemudian, sudah lebih 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk
sebuah jaringan atau network.
Pada
1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin menciptakan newsgroups pertama
yang diberi nama USENET. Tahun 1981 france Telecom menciptakan gebrakan dengan
meluncurkan telepon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil
berhubungan dengan video link.
Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari
semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua
jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk transmission control protocol atau TPC dan
internet protokol atau IP yang kita kenal semua.
Sementara itu, di Eropa muncul jaringan komputer
tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di
negara – negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet
menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.
Untuk meragamkan alamt dijaringan komputer yang ada,
mak pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini dikenal dengan
DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada
sudah lebih dari 1000 komputer. Pada tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland
menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun
kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali
lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk jaringan.
Merupakan tahun yang paling bersejarah, ketika Tim
Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara
satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu.
Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web. Tahun 1992, Komputer yang
saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di
tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, Situs internet
telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping
atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama
Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.
Dewasa ini kemajuan teknologi internet telah merambah
ke segala bidang kehidupan, mulai dari bidang bisnis, hiburan, budaya dan
bahkan pendidikan. Kita semakin dipermudah dengan adanya teknologi yang satu
ini. sejak perkembangan pertamanya Internet telah merubah tatanan dan budaya
hampir sebagian manusia diberbagai penjuru dunia. Meninggalkan segala pekerjaan
yang bersifat manual dan mulai beralih kepada dunia digital (internet)
2.3.
Alasan menggunakan Internet
Internet adalah
media yang sangat baik untuk melakukan hubungan dengan berbagai orang di seluruh
Dunia. Orang menggunakannya sebagai media untuk berhubungan dengan orang lain,
berbagi file, hiburan, informasi dan banyak kegiatan lainnya yang berguna dan
bermanfaat dalam banyak hal. Saat browsing internet kita akan menemukan banyak
situs yang berguna. Beberapa site yang paling popular adalah Google, Facebook,
NYTimes, Primaserva.web.id dll
2.3.1.
Informasi
Orang melakukan browsing internet
untuk
mendapatkan informasi. Mereka menelusuri berbagai search engine seperti Google,
Yahoo untuk mengetahui tentang segala sesuatu informasi yang diperlukan. Juga
orang senang menjelajah website seperti Wikipedia yang merupakan ensiklopedia
paling popular dan lengkat di internet.
2.3.2.
Jejaring social
Jaringan sosial adalah
media penting untuk berkomunikasi dengan teman dan anggota keluarga. Ada banyak
situs-situs jejaring sosial seperti Facebook, Orkut, dan Bebo yang banyak
digunakan oleh pengguna untuk menghubungkan dengan teman-teman. Dari Alexa.com
saat ini facebook menduduki peringkat nomor 1 di dunia, banyak Negara pun
facebook.com menduduki peringkat pertama.
2.3.3.
Komunikasi
Komunikasi adalah cara lain
untuk penggunaan internet. Orang terhubung melalui satu sama lain melalui berbagai
layanan IM likeGtalk, Skype, dan Yahoo messenger. Ada banyak layanan lain
melalui mana orang mengirim pesan.
2.3.4.
Transfer file
Menggunakan fasilitas internet
kita
dari kantor, sekolah, bisnis, mahasiswa semua orang mengirim file melalui
internet. Transfer file merupakan bagian penting dari kehidupan di internet.
File dikirim melalui internet. Orang menggunakan layanan berbagai mail seperti
Gmail, YahooMail, AOL, Hotmail, facebook dan lain-lain.
2.3.5.
Update berita
Orang ingin cepat-cepat
melihat update berita terbaru. Misalnya skor pertandingan Sepakbola, orang suka
surfing internet untuk mendapatkan update langsung dari berita. Website seperti
Rediff, NYTimes, detik, Koran-kora, Gawker adalah berita cepat menyediakan
website.
2.3.6. Hiburan
Orang tidak usah pergi
hanya duduk diam didepan computer sudah mendapatkan hibungan yang memuaskan.
Ada hubungan yang sangat dekat internet dan hiburan. Kita dapat menonton video
di YouTube, mendengarkan lagu, atau men-download film. Kita tidak perlu pergi
ke bioskop untuk nontop film, bahkan film dibioskop bisa saja sudah basi.
2.3.7.
Internet Transaksi
Transaksi apapun dapat
dilakukan dengan internet. Dengan internet orang bisa menghemat waktu dan uang.
Fasilitas ini dikenal sebagai fasilitas internet banking. Melalui layanan ini
kita dapat menyimpan tagihan, mentransfer uang melalui rekening, dan membuat
pemesanan makanan ataupun barang, cukup dengan duduk diam dirumah.
2.3.8.
Menghasilkan uang
Dengan perkembangan
internet yang luar biasa dahsyatnya kita dapat mendapatkan uang secara online
dengan menggunakan internet. Kita dapat membuat uang online dengan berbagai
macam cara. Ada banyak pilihan yang tersedia. Merancang web, Freelancing,
konsultan, penyedia perangkat lunak, membuat aplikasi-aplikasi yang dapat
membantu orang untuk bekerja dengan cara yang lebih mudah.
2.3.9.
Pemasaran
Memasarkan barang melalui
internet atau sering dikenal dengan Internet marketer atau menggunakan internet
untuk menjual produk kita. Banyak penggemar media sosial yang mempromosikan
produknya secara online lain melalui berbagai media sosial. Ada banyak penerbit
yang mempromosikan produk orang lain dengan beriklan di berbagai situs blog.
2.3.10.
Pendidikan online
internet dapat membuka
paradigm model pendidikan. Pendidikan online menjadi media yang sangat terkenal
di negara-negara maju. Berbagai situs seperti Khan Academy dan
FreeVideoLectures menawarkan kursus online untuk belajar berbagai hal seperti
merancang, pemrograman, teknik, kesehatan, keuangan dan mata pelajaran lainnya.
Orang banyak menyebutnya dengan model e-learning elearning adalah media yang
sangat membantu untuk belajar dan juga dapat membantu mempromosikan pendidikan
dengan mudah.
Perkembangan internet
memiliki
kecepatan yang luar biasa. Ini menjadi salah satu bagian penting dari
kehidupan. Hidup tanpa internet tidak bisa dibayangkan. Apakah Anda tahu
penggunaan dari internet lagi. Jangan ragu untuk berbagi pandangan Anda dalam
komentar. Jika Anda suka artikel ini jangan lupa untuk berlangganan blog feed.
2.4
Manfaat Internet Bagi Remaja
2.4.1.
Manfaat Umum
Berdasarkan suvey di
Amerika Serikat membuktikan jika berselancar di dunia maya, bermain game
online, dan bermain situs jejaring sosial justru baik bagi perkembangan remaja.
Digital Youth Project yang disponsori MacArthur Foundation selama tiga tahun
berhasil membuktikan internet baik bagi perkembangan remaja. Proyek yang
dilakukan selama tiga tahun itu melibatkan 800 remaja dan orang tua untuk
mengetahui peningkatan kemampuan teknologi remaja. Hal ini juga mematahkan
anggapan para orangtua yang menyatakan bermain internet
hanya membuang waktu saja.
hanya membuang waktu saja.
2.4.2.
Manfaat Internet bagi Pendidikan
Internet merupakan sebuah
layanan yang memudahkan kita menambah wawasan, berkomunikasi, dan juga
memudahkan kita untuk mencari suatu bahan yang mungkin sulit dicari secara
nyata. melalui akses dunia maya internet ini, kita dapat menambah wawasan,
berkomunikasi jarak jauh dan juga mencari informasi yang sangat kita butuhkan.
Dalam dunia pendidikan internet dapat membantu siswa untuk mengakses berbagai
informasi dan ilmu pengetahuan serta sharing riset antarsiswa terutama dengan
mereka yang berjauhan tempat tinggalnya.
2.5 Pengaruh Internet
Terhadap Remaja
Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia semakin
meningkat seiring dengan perkembangan teknologi infomasi yang berlangsung pada
dunia luar ikut mendapat dampak dari hal tersebut berdasarkan data yang kami
peroleh.
Di kota- kota besar setidaknya telah ada lebih dari 10
warnet yang berlokasi di sekitar kota dan telah banyak remaja yang menggunakan
handphone dengan layanan GPRS namun sebagian dari mereka memiliki warung
internet.
Pada dasarnya sudah banyak remaja yang menggunakan
handphone dengan layanan GPRS, sehingga mereka dapat mengakses internet melalui
handphone mereka kapanpun mereka inginkan. Dalam kondisi ini kami telah mencoba melihat lingkungan sekolah maupun masyarakat, ternyata mereka mengakui adanya
teknologi seperti ini sangat menyenangkan bagi mereka. Karena mereka dapat mengakses internet dimanpun mereka
mau. Sayangnya, kami sadari,
adanya pelanggaran
remaja (pelajar) terhadap peraturan sekolah untuk tidak mengaktifkan handphone
selama kegiatan belajar mengajar berlangsung karena ketertarikan yang telah
menggerogoti mereka. Para remaja mengakui seringnya
lupa waktu, karena hal itu pada beberapa remaja yang lain mengakui warung
internet adalah tempat yang lebih menyenangkan dan lebih menarik untuk
mengakses internet.
Alasan yang
teman-teman kami kemukakan relatif sama, biaya yang mereka keluarkan akan terasa lebih
ringan dari pada harus menggunakan handphone yang menghabiskan pulsa, selain
itu layanan di warnet, lebih baik karena mereka dapat mengakses data lebih luas
dan lebih leluasa, mereka mengungkapkan bukan sekedar leluasa dalam hal
pengaksesan. Namun juga dengan leluasa dapat keluar rumah memilih warung
internet yang mereka sukai. Bahkan secara leluasa memilih teman selama
mengakses internet. Karena hal itulah kami berpendapat remaja di kota-kota besar mulai mengalami sikap modernisasi, di satu sisi mereka
menginginkan kebabasan, namun di sisi lain mereka takut akan tanggun jawab yang
mengiringi kebebasan itu.
Mereka mengaku
lebih tertarik mengakses internet di luar rumah karena tidak akan mendapatkan
pertanyaan – pertanyaan menyelidiki dari orang tua mereka, seperti, untuk apa
kamu mengakses situs itu? Apa kegunaannya bagi kamu? dan berbagai pendapat orang tua yang mereka rasa perintah.
Pada dasarnya setiap remaja mengaku merasa kekhawatiran namun mereka menyatakan tidak terpengaruh dalam hal
intensitas mereka mengakses internet, mereka tetap mengakses internet seperti
kebiasaan mereka entah itu 1 minggu 3 kali, 1 minggu 5 kali, setiap hari, atau
yang hanya memanfaatkan waktu luang saja, yang berbeda hanyalah kewaspaan
mereka dalam hal mengungkapkan kalimat di internet ataupun tindakan – tindakan
lainnya.
Pastinya mereka mengaku lebih behati – hati. Ternyata
dalam hal ini ada responden kami yang pernah mengalami konflik karena situs
pertemanan facebook, dia mengaku pernah mempunyai masalah dengan teman
facebooknya, namun untungnya hal itu tidak berkepanjangan, dikarenakan ketika
masalah itu mulai muncul, dia langsung mencoba membicarakannya secara baik –
baik kepada pihak yang bersangkutan di dunia nyata, hal ini menunjukkan tidak
selamanya internet menimbulkan konflik, namun di sisi lain internet juga dapat
memberikan pendewasaan sikap remaja yang sedang mengalami masa transisi dalam
menghadapi masalah, bagaiman mereka meredam emosi ketika mendapati sebuah
masalah di internet, memikirkan secara baik solusi terhadap masalah tersebut,
hingga menemui orang yang bersangkutan untuk memecahkan masalah bersama, hal
ini tentu menggambarkan proses yang sangat baik akan terjadi pada remaja,
sekalipun hal tersebut masih tergantung pada sikap tempraman yang ada pada
individu remaja tersebut. Selanjutnya penelitian kami lebih lanjut lagi
menemukan bahwa :
Namun mengenai perubahan kehidupan yang dialami remaja
di Pamekasan. Kami menemukan bahwa :
Remaja Pamekasan pada umumnya merasakan perubahan yang
terjadi pada kehidupannya setelah mengenal internet.
Pada umumnya perubahan yang mereka rasakan adalah
mereka lebih tahu tentang informasi terbaru sehingga dapat menambah pengetahuan
mereka, dalam menyelesaikan tugas lebih mudah. Dan mereka merasakan hidup lebih
menyenangkan dengan internet, ada pula yang mengungkapkan beberapa responden
mengaku lebih suka membaca informasi dari internet dari pada harus membaca
buku, berbagai perubahan yang terjadi diakibatkan perkembangan internet
tersebut tentunya tidak lepas dari perubahan pada hubungan mereka pada orang
tuannya, diantara perubahan yang terjadi dan dapat mempengaruhi hubungan orang
tua dengan remaja adalah, puberitas, penalaran logis yang berkembang, pemikiran
idealis yang meningkat, dan pergaulan menuju kebebasan. Biasanya konflik yang
terjadi antara remaja dengan orang tua hanya berkisar masalah kehidupan sehari
– hari seperti jam pulang kerumah yang jarang menimbulkan dilema utama.
Ternyata tindakan orang tua terhadap perilaku
perubahan anak mempengaruhi intensitas perubahan mereka. Karena beberapa remaja
juga mengeluhkan cara – cara orang tua memperlakukan mereka yang otoriter, atau
sikap – sikap orang tua yang terlalu kaku atau tidak memahami kepentingan
remaja. Akhir – akhir ini banyak orang tua maupun pendidik yang merasa khawatir
bahwa anak – anak mereka, terutama remaja mengalami degradasi moral. Sementara
remaja sendiri juga sering dihadapkan pada dilema – dilema moral, sehingga
remaja merasa bingung terhadap keputusan – keputusan moral yang harus
diambilnya, walaupun di dalam keluarga mereka sudah ditanamkan nilai – niali,
tetapi remaja akan merasa bingung ketika menghadapi kenyataan ternyata nilai –
nilai tersebut sangat berbeda dengan nilai – nilai yang dihadapi bersama teman
– temannya maupun dilingkungan yang berbeda. Pengawasan terhadap tingkah lalu
oleh orang dewasa sudah sulit dilakukan terhadap remaja karena lingkungan
remaja sudah sangat luas, sehingga pengasahan terhadap hati nurani sebagai
pengendali internal perilaku remaja menjadi sangat penting, agar remaja bisa
mengendalikan perilakunya sendiri ketika tidak ada orang tua maupun guru dan
segera menyadari serta memperbaiki diri ketika dia berbuat salah.
2.6. Dampak Positif Penggunaan Internet
1. Internet sebagai
media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana
setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari
seluruh dunia.
2. Media pertukaran
data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web jaringan
situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar
informasi dengan cepat dan murah.
3. Media untuk mencari
informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai
salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
4. Kemudahan memperoleh
informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
5. Bisa digunakan
sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.
6. Kemudahan
bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi
menuju ke tempat penawaran/penjualan.
2.7 Dampak Negatif Penggunaan Internet
1. Penipuan. Hal ini
memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan
penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi
informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
2. Carding. Karena
sifatnya yang real time (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu
kredit adalah cara yang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para
penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini.
Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi
(yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan.
Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk
kepentingan kejahatan mereka.
3. Perjudian.
Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para
penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda
hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak
agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.
4. Cyber-relational addiction adalah
keterlibatan yang berlebihan pada hubungan yang terjalin melalui internet
(seperti melalui chat room dan virtual affairs) sampai kehilangan kontak dengan
hubungan-hubungan yang ada dalam dunia nyata
5. Net gaming yaitu
sejenis kecanduan prmainan game Online, berbelanja dan kegiatan jual beli
melalui internet yang mengganggu pekerjaan dan atau mengakibatkan terjadinya
utang.
6. Information
overload. Karena menemukan informasi yang tidak habis-habisnya yang
tersedia di internet, sejumlah orang rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk
mengumpulkan dan mengorganisir berbagai informasi yang ada.
Berdasarkan
beberapa point-point perilaku dan dampaknya maka khususnya jika didalam
lingkungan keluarga, dan sekolah diharapkan penggunaan internet dapat lebih
bijak, walaupun tidak semua individu-individu dapat melakukannya.
2.8
Upaya Penencegahan Dampak Negatif Internet Terhadap Remaja
2.8.1 Dari sisi pemerintah dan masyarakat
1. Mengontrol situs-situs Internet yang
menyajikan informasi yang kurang mendidik bagi masyarakat. Situs porno dan
kekerasan yang dapat merusak mental dan kepribadian anak-anak/remaja.
2. Pemakaian produk pihak lain secara legal, menghormati ide dan karya orang lain, membuat undang–undang HAKI (hak atas kekayaan intelektual), melakukan pengawasan terhadap hak cipta, hak paten, dan hak atas kekayaan intelektual lainnya untuk mencegah terjadinya pembajakan, plagiat, dan pemakaian melebihi lisensi.
2. Pemakaian produk pihak lain secara legal, menghormati ide dan karya orang lain, membuat undang–undang HAKI (hak atas kekayaan intelektual), melakukan pengawasan terhadap hak cipta, hak paten, dan hak atas kekayaan intelektual lainnya untuk mencegah terjadinya pembajakan, plagiat, dan pemakaian melebihi lisensi.
2.8.2
Dari sisi Pemilik Situs, Network Administrator dan Pengguna
1. Sebaiknya menggunakan layanan security
seperti https, sftp, SSH, dll dibandingkan dengan http, ftp, telnet, dan
lain-lain. Penggunaan email seperti S/MIME atau PGP juga perlu.
2. Menggunakan layanan firewall, proxy, ACL
(Access List) atau tools lain yang bisa memblok situs-situs yang tidak
diinginkan. Beberapa tools untuk pemakaian individual yang sangat bagus adalah
TVGuardian dan Weemote. TVGuardian “The Profanity Filter” – secara otomatis
mendeteksi dan menyaring ungkapan atau kata-kata kotor dan kata-kata kasar
lainnya sementara kita menonton pertunjukan film atau televisi.
2.8.3
Dari sisi Pengguna secara umum
1. Tidak terlibat dalam cyber crime (kejahatan
Internet) dan menjadi pelakunya, seperti cracker, carder, phreaker, dan
flooder.
2. Pengguna harus logout / sign out jika
login pada sebuah situs dan tidak langsung menutupnya
dengan cara mematikan browser.
3. Penggunaan password secara aman :
§ Panjang password minimal 9 karakter.
§ Password sebaiknya tidak berhubungan dengan
data pribadi pengguna, misalnya : nama istri, nama kecil, dll.
§ Tidak merupakan kata-kata yang ada dalam
kamus (dictionary word).
§ Secara teratur mengganti password dalam
jangka waktu tertentu.
§ Tidak menyimpan password pada browser.
4. Tidak secara sembarangan memasukkan alamat
email terhadap situs-situs yang dikunjungi.
5. Pemakaian Internet Security ( antivirus,
antispyware, antispam, dan lain-lain).
2.8.4
Dari sisi Orang tua
1. Letakkan komputer di ruang keluarga atau
ruangan yang sering dilewati umum (sebaiknya tidak di kamar tidur anak).
2. Batasi waktu pemakaian komputer untuk
anak.
3. Orang tua harus terlibat dan menyediakan
waktu dengan anak-anak pada saat mereka sedang online.
4. Pelajari sebanyak mungkin tentang
komunitas online, mungkin saja anak-anak lebih mengetahuinya dibandingkan orang
tua.
5. Cari tahu mengenai software-software
pemblokiran dan penyaringan situs-situs tertentu serta implementasikan.
2.9
Contoh-contoh Penggunaan Internet pada Kehidupan sehari-hari
1. Pelajar
dan mahasiswa yang hanya mengerjakan tugas kuliah, daftar ulang dan mencari
informasi – informasi beasiswa, serta berita-berita terkini, mereka umumnya
hanya menghabiskan waktu menggunakan internet sekitar 2-3 jam sehari.
2. Pelajar
dan mahasiswa yang mengerjakan tugas kuliah, dll, dan melakukan komunikasi
menggunakan media komunikasi (chatting) YM , facebook, blog, dll umumnya
menghabiskan waktu menggunakan internet sekita 2-4 jam sehari.
3. Pelajar
dan mahasiswa yang hanya bermain game online , facebook, dll umumnya
menghabiskan waktu sekitar 10-24 jam sehari, walaupun itu menghabiskan seluruh
waktunya tanpa sekolah dan kuliah.
4. Pelajar
dan mahasiswa yang suka mengumpulkan informasi-informasi teknologi, comic-comic
jepang dan menonton anime-anime terbaru, umumnya mereka menghabiskan waktu
sekitar 1-4 jam sehari.
5. Pelajar
dan mahasiswa yang mengakses situs-situs porno, umumnya mereka menghabiskan
waktu paling lama 1 jam sehari.
BAB III
PENUTUP
3.3 Kesimpulan
Intensitas dan kualitas program yang diakses melalui
internet mempengaruhi sikap remaja kota-kota
besar terhadap
perkembangan internet.
Remaja yang lebih sering menggunakan internet, tentu
akan lebih mengetahui program – program yang dimiliki internet secara intens,
hal tersebut menyebabkan mereka lebih mengetahui betapa banyaknya kesenangan
yang mereka dapatkan dari internet, sehingga mereka akan selalu mengikuti
perkembangan internet. Seperti menambah teman dari internet dan berkomunikasi
secara intens dengan komunitasnya. Yang menyebabkan mereka tidak pernah luput
dari online di internet, pada awalnya mereka merasakan kecanduan hingga
responden kami mengaku lupa waktu saat menggunakan internet. Mereka merasa
waktu berjalan begitu cepat hingga tanpa mereka sadari telah melewatkan waktu
berjam – jam di dunia maya (internet). Bahkan, sering kali lupa pada tugas yang
harus mereka kerjakan di dunia nyata, di sini terlihat bahwa mereka sangat
antusias terhadap perkembangan internet. Di sisi lain remaja yang tidak terlalu
sering menggunakan internet, mereka hanya mengakses internet di sisi kebutuhan
mareka saja, seperti untuk keperluan tugas ataupun sekedar bertukar e-mail,
beberapa responden kami menyatakan tidak ingin terlalu tergantung dengan
internet. Sehingga memutasi pengaksesannya dan hanya memanfaatkan untuk
keperluan yang sekiranya penting bagi mereka. Karena hal tersebut mereka
cenderung tidak terlalu tertarik dengan perkembangan internet yang ada.
3.2. Saran
Internet ini adalah media
yang paling efektif dan mudah untuk didapatkan dan diakses oleh siapa saja
dimanapun, walaupun tak dapat dipungkiri bahwa karena adanya kebebasan ini
dapat terjadi pula penyalahgunaan fasilitas internet sebagai sarana untuk
Kriminalitas atau Asusila.
Namun demikian tidak semua
remaja melakukan hal yang demikian, hanya segelintir remaja yang usil saja yang
dapat melakukannya karena kurang memiliki rasa tanggung jawab terhadap diri
pribadi dan seluruh kewajibannya. Seperti sekolah dan belajar dengan giat, namun pada ada baiknya internet digunakan oleh para remaja untuk
mencari ilmu atau mendapatkan informasi yang berhubungan dengan materi
pelajaran yang ia terima disekolah, hal tersebut memungkinkan para remaja
menjadi lebih kreatif dan lebih aktif dalam mencari sumber informasi dan ilmu
pengetahuan dibandingkan dengan mereka yang hanya duduk diam didepan meja dan
mendengarkan gurunya berbicara.
Hal ini dapat menjadi
sebuah motivator terhadap siswa untuk terus berkembang dan juga dapat berfungsi
sebagai penghancur (generasi muda), remaja adalah makhluk yang rentan terhadap
perubahan disekitarnya
Demikian yang dapat kami
paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam karya tulis ilmiah ini,
tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya
pengetahuan dan kurangnya waktu serta pengalaman kami dalam membuat karya tulis
ini. Kami harap para pembaca dapat memberikan kritik dan saran yang membangun
kepada kami demi sempurnanya karya ilmiah ini dan penulisan karya ilmiah di
kesempatan – kesempatan berikutnya. Semoga karya ilmiah ini berguna bagi
penulis, khususnya juga untuk para pembaca.
DAFTAR
PUSTAKA
5. Dampak dari teknologi informasi dan komunikasi di
bidang pendidikan di kutip dari http://risyana.wordpress.com/2009/04/13/keuntungan-dan-kerugian-dalam-penggunaan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-tik/
Can make money from sports betting - Work-to-Earn
BalasHapusSportsbooks kadangpintar make money from gambling · The more you bet, the more money you can win. หาเงินออนไลน์ · The 인카지노 more you earn by betting. · The more you are able to make money